Senin, 27 April 2009

Senam lantai

Biasanya merupakan nomor pertama dalam pertandingan atas pertimbangan kesempatan bagi para pesenam untuk juga berlaku sebagai pemanasan karena gerakan-gerakannya tidak memerlukan tenaga otot yang luar biasa. Nomor ini mungkin merupakan tontonan yang paling mengasyikkan dibanding dengan alat-alat lain meskipun sebenarnya relatif berkembang paling baru. Untuk pertama kali nomor ini sebagai nomor perseorangan dalam Olympiade 1932 dan bagi wanita baru 20 tahun kemudian.

Senam lantai sangat populer terutama bagi penyelenggaraan secara massal yang dapat diikuti oleh ribuan peserta bersama-sama. Gerakan-gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan membentuk formasi-formasi yagn menarik dan mengesankan. Di negeri kita sekarang sedang digalakkan apa yang disebut senam pagi Indonesia.

Lantai pertandingan berukuran 12 m2 dalam ruang yang berukurang 14 m2 dilapisi karpet kenyal setebal 0,045 m. Pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita dengan diiringi musik 90 detik. Keduanya bertujuan untuk memberikan kesan kepada para wasit dengan rangkaian urutan dari berbagai lompatan, putaran, keseimbnagan dicampur dengan unsur-unsur lonjakan dan akrobatik. Gerakan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.

Sumber: http://www.koni.or.id/index.php/section/sports/sport/Senam/sportid/GY

3 komentar:

  1. Salam Olahraga Kak
    Bagaimana sejarah dari senam lantai itu sendiri? dan bisakah dijelaskan kembali manfaat dari senam lantai ini?
    btw, di mana tempat penjualan baju senam crystal dan sepatunya yg keren-keren gitu?
    Salam sukses dan thanks atas artikelnya ^_^

    BalasHapus
  2. Salam Olahraga Kak
    Biasanya perlombaan senam lantai dilaksanakan berapa tahun sekali?
    ngomong-ngomong, di mana ya tempat yg menjual baju senam murah serta aksessoris senamnya pula?
    Salam super :-)

    BalasHapus
  3. Salam Kenal
    Jika terjadi kesalahan dalam melakukan senam lantai, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan apakah dalam senam ini sudah menggunakan baju senam crystal???
    Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini *_*

    BalasHapus